TUGAS 2 SOFTSKILL 5 TEKNOLOGI INFORMASI DAN MANFAATNYA DALAM BISNIS


1. Email / Messenger
Email adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Manfaatnya :

  • ·      Sama seperti faximile dan telegraph alat komunikasi ini juga dapat mengirimkan pesan dengan cepat sehingga komunikasi dalam dunia bisnis atau komunikasi dengan klien atau costumer dapat berjalan dengan lancar dan cepat.
  • ·    Jika melakukan penawaran atau promosi suatu produk lewat media surat pos tentu dianggap tidak praktis dan membutuhkan waktu lama dibanding email. Adanya marketing melalui email dapat mempermudah segala hal termasuk menjangkau para pelanggan secara mudah dan cepat pula kare menggunakan email yang langsung dapat diterima dimanapun anda berada.
  • ·   Marketing melalui email membuat biaya yang ditanggung lebih ringan dibanding dilakukan secara manual seperti lewat pos atau surat fisik lainnya. Selain itu,  tingkat responsif dari pelanggan lebih tinggi jika menggunakan email marketing.
  • ·       Mempermudah komunikasi
  • ·       Memperkenalkan profil perusahaan
  • ·       Menjadi sarana publikasi
  • ·       Memudahkan memberikan informasi
  • ·       Menimbulkan kesan sebagai perusahaan professional

2. Televisi
Televisi (TV) menjadi media komunikasi modern yang sekarang hampir ada di setiap rumah. Televisi merupakan sebuah alat penangkap gambar bergerak melalui satelit. Televisi merupakan media komunikasi yang sangat populer hingga sekarang ini. Dan juga dapat menjadi sarana untuk periklanan bisnis.
Manfaatnya :

  • ·    Iklan dalam televisi mempunyai kemampuan untuk muncul tanpa diharapkan (intrusion value) yang tidak sejajar dengan media lainnya.
  • ·      Iklan televisi menggunakan indera seseorang dan menarik perhatiannya bahkan pada saat orang tersebut tidak ingin menonton iklan. Sebagai perbandingan, adalah jauh lebih mudah bagi seseorang untuk menghindari iklan majalah atau surat kabar dengan cara membalik lembarannya daripada mencoba menghindari iklan televisi baik secara fisik maupun mental. Tentu saja, alat-alat pengendali jarak jauh (remote devices) memudahkan para penonton untuk menghindari iklan televisi melalui zipping dan zapping.
  • ·       Iklan televisi mampu menjangkau konsumen satu persatu
  • ·   Dalam iklan televisi, ketika seorang pembicara atau endorser mendukung keunggulan suatu produk, hal tersebut seperti presentasi penjualan perorangan, dimana interaksi antara pembicara dan konsumen, terjadi pada tingkat perorangan.
  • ·       Iklan televisi mampu menjangkau baik konsumen akhir maupun tenaga penjualan perusahaan.
  • ·   Dengan jangkauan yang luas, iklan televisi dapt menjangkau tenaga penjualan perusahaan dimana ia akan lebih mudah memasarkan produk yang bersangkuatan karena iklan televisi juga menjangkau konsumen akhir dan meningkatkan citra produk tersebut di pasaran.
  • ·  Iklan televisi mampu untuk mencapai dampak yang diinginkan. Dampak tersebut adalah mutu/media periklanan yang mengaktifkan kesadaran konsumen dan mengaktifkan ingatannya untuk menerima pesan penjualan.

3. Komputer 
Komputer merupakan alat komukasi canggih yang mampu memberikan warna baru bagi dunia telekomunikasi. Dengan hadirnya komputer ada banyak hal yang bisa dikerjakan, mulai dari kegiatan mengetik dokumen, mengedit foto dan video dan lainnya
Manfaatnya :

Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa computer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodic, maupun incidental dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya dengan cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris dan sebagainya.

4. Telegraph
Telegraph merupakan sebuah mesin/alat yang menggunakan teknologi telegrafi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh,biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Kata "telegraf" yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf diciptakan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.
Manfaatnya :

Dalam dunia bisnis teknologi ini dapat membantu dengan cukup baik. Dengan adanya teknologi ini maka pengiriman dokumen atau pesan dapat dilakukan dengan cepat. Dengan tidak bertemu dengan orangnya pun kita sudah dapat mengetahui pesan apa yang akan dia sampaikan.

5. Handphone
Handphone merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Telepon digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh bahkan di seberang lautan sekali pun. Saat ini biaya telepon juga relatif mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini mempermudah orang untuk menjalin komunikasi jarak jauh. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, perangkat telepon pun semakin praktis.
Manfaat :

  • ·     Handphone dapat digunakan manusia untuk mengakses e-commerce atau situs online jual beli barang. Handphone juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara penjual dan pembeli agar jual beli atau transaksi yang mereka lakukan dapat berjalan dengan lancar.
  • ·  Sebagai media promosi, Ketika kita dulu ingin membeli sebuah barang pasti kita akan mengunjungi toko sipenjual dan melihat barang yang ada, namun sekarang zaman sudah berubah, banyak pebisnis yang melebarkan sayap bisnis melalui media online, seperti melihat foto-foto di instagram hingga marketplace kemudian nanya-nanya soal harga di WhatsApp dan Line, jadi konsumen tidak perlu jauh-jauh mengunjungi toko kita, cukup melalui handphone semua kan terasa mudah.
  • ·     Kemudahan proses transaksi, Pembayaran secara cash sudah mulai jarang dan banyak mendapat saingan, selain dengan pembayaran melalui kartu kredit, sekarang orang sudah menggunakan online banking, jadi bisa melakukan pembayaran dimana saja hanya melalui handphone.

Sumber :
http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/9339-kelebihan-dan-kelemahan-televisi-sebagai-media-periklanan.html
https://linadepooh.wordpress.com/2012/12/13/manfaat-komputer-dalam-dunia-bisnis/
https://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf
http://www.ibudigital.com/memanfaatkan-teknologi-untuk-bisnis/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN DAN CONTOH KASUS IBD BAB 11 MANUSIA DAN HARAPAN

RANGKUMAN DAN CONTOH KASUS IBD BAB 8 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

RANGKUMAN DAN CONTOH KASUS IBD BAB 9 MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB